<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8492441359737827523\x26blogName\x3dMAORA.the+space.ranger.\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://eat-the-rainbow.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://eat-the-rainbow.blogspot.com/\x26vt\x3d6362794475003081424', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

.

.








"I'm not perfect! Not yet.
But I'm still leagues better than you."
-Weiss to Ruby, RWBY The Emerald Forest Pt.2




facebookdeviantarttwitter
tumblrweibocurecosworldcos
youtubesoundcloudask.fminstagram

MAORA. October 18th. Libra. Asian. Otaku. Sarcastic - Outspoken - a bit Psycho - Dense. Adores music and japanese entertainment. Speak Indonesian, American English and Japanese. Loves to eat rainbow, bunnies, watermelon, popsicle and other cute stuff. I don't bite often so be my guest.




Lovely people!

Let's Exchange!
















Archives


Mari Berhemat Listrik!! :)
written on November 11, 2009 ✈

Hola guys :) post kali ini terinspirasi dari acara berita di salah satu TV swasta, yang lagi membahas tentang pemadaman listrik. Nggak cuman di Palu dan Jakarta, tapi di banyak tempat.

Bayangkan pemadaman listrik ketika sore hari kamu mandi, malam hari kamu tidur; gelap dan panas. Ugh.. bikin ga bisa meremmmm gitu >_< Kenapa pemadaman listrik dilakukan? Itu karena sumber listrik tidak memadai jika harus memasok listrik ke semua titik secara bersamaan. Maka, diadakan pemadaman bergilir. Bagaimana agar pasokan listrik cukup untuk semua titik tanpa harus diadakan pemadaman? Tentunya, kita harus berhemat :) Jika pemakaian listrik tidak berlebihan, maka quota energi yang terambil dari sumber listrik juga tidak berlebihan. Pakailah listrik seperlunya saja.

People nowadays suka au ah gelap deh sama pemakaian listrik. Siang hari, lampu di rumah nyala disini disitu, dan kadang terlalu tergantung pada hal-hal yang serba otomatis dengan listrik.

Coba kurangi pemakaian listrik berlebihan. Bisa dimulai dari benda-benda sederhana seperti lampu. Matikan lampu pada bagian ruangan yg tidak digunakan, atau matikan semuanya dan nyalakanlah di bagian rumah yang dipakai saja. Misalnya jika tidak berada dalam kamar, matikan lampu kamar.

Terkadang, mengurangi rasa takut bisa membantu kita menghemat listrik loh. hehe.. kok bisa? Aye. Siapa yang masih sering tidur dengan lampu, radio, atau televisi menyala? Nah, itu sebabnya pemakaian listrik pada saat malam hari yang seharusnya kita terlelap, jadi berlebihan. Katakan saja kita setiap hari tidur 7-8 jam, dengan lampu menyala. Anggap saja lampu kamar kita setiap jam 18watt. Kalikan 18 dengan 8, hasilnya 144 :) wah~ BOROS sekali.

bagaimana dengan AC? Hm, saya punya trik. Saat tidur, nyalakan AC pada suhu 25 derajat celcius, dan cobalah jangan dibawah 25 derajat atau diatasnya. Diatasnya? Mengapa tidak? Hmm, AC sendiri kan tidak dibuat untuk menghangatkan ruangan (kecuali AC yang dipakai orang Jepang, berfungsi sebagai penghangat ruangan juga), tapi mendinginkan. Dan AC disetting untuk mengeluarkan suhu dingin dan bukan angin dingin. Jika mengeluarkan suhu hangat, maka AC tidak menjalankan fungsinya dengan seharusnya, dan menjadi cepat rusak.

Untuk pemakaian charger pada barang-barang elektronik seperti laptop dan HP juga perlu diperhatikan. Jika sudah penuh, lepas semua kabel dan adaptor, jangan sampai ada yang masih menempel pada stopkontak.

Selanjutnya untuk benda-benda yang menggunakan energi cukup besar seperti vacuum-cleaner, hair dryer, catok rambut, dan sebagainya. Ketika menggunakan alat-alat tersebut, matikanlah 2 lampu atau beberapa alat elektronik. Tidak hanya akan menyebabkan penyerapan listrik yang berlebihan, tapi terkadang juga menyebabkan konslet dan jegleg.

bagi yang memiliki mesin cuci di rumah, gunakan sebijaksana mungkin :) Tumpuk baju-baju yang akan dicuci sampai kapasitas maksimal mesin cuci, baru mencuci. Jangan ketika hanya ada 5-6 baju kotor, lalu mencucinya dengan mesin cuci. Asal tahu saja, terkadang mencuci dengan tangan bisa lebih efektif untuk beberapa jenis noda ;D hehehe

Perlu diketahui, bahwa penting untuk berhemat listrik. Bukan hanya demi kepentingan diri sendiri, tapi juga demi kepentingan orang banyak, dan banyak keuntungan yang akan kita peroleh nantinya dalam keuangan, manajemen diri, dan sebagainya.
Saat ini di banyak belahan dunia, energi listrik menjadi sangat langka. Mari kita tunjukkan juga kepedulian kita pada mereka, dengan ikut berhemat listrik dan menjadikan bumi tidak semakin rusak.

Semoga ada diantara semua yang saya tulis menjadi bermanfaat :) hehe. tumbenan bisa nulis yang beginian xD mungkin karena dilandasi kepedulian yah. hehehehehe.

Yup. Mari gunakan listrik sebijak mungkin :)

Labels: ,


0 comment[s] | back to top






← OLDER POSTS | back to top | NEWER POSTS →





© eat-the-rainbow.bs.com - 2012
Original Layout | Edit